Halaman

Batik Solo

Solo salah satu kota di Jawa tengah yang masih lekat dengan budaya Jawa. Solo mempunyai slogan: Solo, The Spirit of Java (Jiwanya Jawa), sebagai upaya pencitraan kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa dan bertekad terus menjaga dan melestarikan budaya jawa.

Kota Solo adalah salah satu tempat wisata belanja kain batik yang terkenal dan tersohor di Indonesia. Di sini banyak sekali terdapat sentra kain batik, yang tersohor antara lain Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo, Kampung Batik Laweyan dan Kampung Wisata Batik Kauman. Batik adalah salah satu produk kota dan telah menjadi Icon kota Solo. Khas batik Solo sudah di kenal di seluruh Indonesia dan menjadi produk andalan eksport.

Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya batik dalam proses cap maupun dalam batik tulisnya. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih menggunakan bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”.

Sumber